↑ Kembali ke Pelayanan

Persyaratan Menikah

Bagi warga Kelurahan Cemorokandang yang memerlukan Pembuatan Surat Nikah, diharapkan memenuhi persyaratan berikut ini yang wajib dibawa ke Kasi / Staf Kesejahteraan Masyarakat Kelurahan Cemorokandang.

Persyaratan Administrasi Pernikahan (MUSLIM)

(KMA No. 477 Th. 2004 & SE Dirjen BMIPH No. DJI/1487/2005)

  1. Mengisi dan menyerahkan blanko N1-N7 (dari Kelurahan) N5 bagi Catin di bawah usia 21 tahun. Ijin PA bagi Catin Putri di bawah usia 16 tahun, Catin Putra di bawah usia 19 tahun. Ijin PA bagi Catin Putri yang orang tuanya mangkir untuk menikahkan.
  2. Foto terbaru warna latar biru 2 x 3 (kertas dop) : 8 lembar.
  3. Fotocopy KTP & KK : 1 lembar.
  4. Fotocopy Akte Kelahiran & STTB SLTA & terakhir : 1 lembar. (bila ada)
  5. Fotocopy Imunisasi TT (Catin Istri)
  6. Surat Ijin Komandan bagi Anggota TNI / Polri.
  7. WNA melampirkan fotocopy Paspor, Ijin Menikah dari Kedubes, Surat Status dari Capil Negara asalnya.
  8. Surat Rekomendasi Pindah Nikah dari KUA asal, jika pelaksanaannya di luar Kecamatan ybs.
  9. Menyerahkan Akta Cerai (asli) bila calon suami / istri adalah duda / janda cerai.
  10. Menyerahkan Surat Nikah lama dan Surat Surat Keterangan Kematian (asli) N6 apabila calon suami / istri adalah janda / duda mati.
  11. Surat Keterangan Wali Nikah / permohonan Wali Hakim bermeterai bila Akta Nikah Orang Tua bila tidak ada wali nasab) Catin Putri diketahui Lurah dan melampirkan fotocopy Akta Nikah Ortu bagi Catin Putri anak pertama.
  12. Pernyataan Belum Pernah Menikah bermeterai 6000 bagi Catin berusia 30 tahun ke atas.
  13. Mengikuti Suscatin yang bersertifikasi.
  14. surat Dispensasi Walikota bagi pernikahan yang akan dilangsungkan kurang dari 10 hari kerja.
  15. Surat Pengantar RT dan RW.

 

Persyaratan Administrasi Pernikahan (UMUM)

  1. Surat Keterangan N1, N2, N3, N4 dari Kelurahan setempat.
  2. Fotocopy Surat Baptis / keanggotaan agama.
  3. Akta Perceraian / fotocopy Akta Kematian bagi yang pernah menikah.
  4. Fotocpy Akta Kelahiran dengan menunjukkan Akta asli.
  5. Surat Pemberkatan Nikah secara agama yang asli.
  6. Penetapan Pengadilan bagi pasangan beda agama.
  7. Fotocopy KTP + KK yang diterbitkan oleh Dinas Kependudukan.
  8. Fotocopy Tanda Melapor Diri dari Kepolisian, fotocopy Paspor serta Surat Keterangan Status dari Kedutaan bagi WNA.
  9. Surat Perjanjian Kawin dari Notaris (bila perlu).
  10. Surat Ijin Komandan bagi anggota TNI / Polri.
  11. Surat Ijin dari Orang Tua bagi yang belum berusia 21 tahun.
  12. Pas foto ukuran 4 x 6 cm, background merah berdampingan sebanyak 5 lembar.
  13. Fotocopy KTP 2 orang Saksi Perkawinan.
  14. Surat Rekomendasi Menikah dari Catatan Sipil setempat untuk warga luar Kota Malang.

Keterangan :

  1. Nama yang tertera pada KTP dan KK harus sama dengan yang tercantum di Akta Kelahiran
  2. Data yang ada di permohonan harus sesuai dengan yang tercantum di KTP dan KK.
  3. Pelaksanaan Pencatatan Perkawinan, bisa dilaksanakan setelah menunggu pengumuman perkawinan selama 10 hari kerja (setelah berkas masuk dan sudah lengkap).

NB : Berpakaian rapi dan sopan (tidak boleh memakai kaos, celana pendek dan sandal jepit)